BPA

Bahan kimia bisphenol A (BPA) tiba-tiba naik daun, terutama di kalangan ibu yang memiliki balita. Maklum, kandungan kimia ini disebut berada dalam botol susu bayi dan gelas isap yang biasa digunakan para bocah.

Apa itu BPA?

Bahan kimia yang dipakai dalam pembuatan shatterproof plastic (kode 7) dan lapisan pada kaleng makan atau botol bagian atas.

ato lebih OK lagi artinya kalo qt ngintip dr wikipedia

Bisphenol A, commonly abbreviated as BPA, is an organic compound with two phenol functional groups. It is a difunctional building block of several important plastics and plastic additives. With an annual production of 2–3 million tonnes, it is an important monomer in the production of polycarbonate.

Kampanye menyerukan penghapusan botol-botol bayi yang mengandung zat kimia bisphenol A dari rak-rak toko bayi merebak di Inggris. Para ilmuwan telah lama mencurigai bisphenol A –yang sering disingkat BPA– menyebabkan masalah kesehatan pada manusia. Dalam penelitian di beberapa laboratorium menunjukkan masalah pada tikus, termasuk perubahan pada sistem reproduksi.

Ilmuwan, badan amal, dan perwakilan dari National Childbirth Trust mengatakan, ada bukti ilmiah yang menarik bahwa zat kimia itu berhubungan dengan kanker payudara dan kondisi kesehatan lainnya.

Zat kimia yang secara luas digunakan dalam pembuatan plastik dan sering ditemukan dalam wadah makanan dan minuman kemasan. Beberapa ahli percaya anak-anak mungkin sangat rentan.

Sejumlah botol susu bayi mengandung BPA. Para moms sebaiknya menggunakan botol dengan penutup khusus yang bisa dicopot. Pilih botol dari gelas atau kaca, bisa ditemukan dengan lapisan silikon untuk mencegah botol pecah.

BPA juga ditemukan pada gelas isap yang biasa digunakan balita. Karena itu, lebih baikdiganti dengan jenis gelas isap dari aluminium atau stainless steel.

Cari botol-botol plastik yang terbuat dari polythylene atau polypropylene (kode 1, 2, atau 5).

Sejumlah Merek produk plastik yg menggunakan BPA bisa ditemukan disini.

1 Komentar

    Trackbacks

    1. 1st December « ..:: CanDa & TaWa kAMi ::..

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: