MutaSi

Hari ini mau posting masalah mutasi, seharusnya kemarin tapi biasalah

Mutasi yang dibahas bukan mutasi pekerjaan tapi terkait dari itu

Mutasi Kendaraan

Motor yang mommy pakai adalah SUPRA X 125 R alias si supra racing merah. Menggunakan plat BN untuk Bangka Belitung tapi ternyata ribet administrasinya. Walau satu propinsi ternyata segala urusan tetek bengek tetap harus dilakukan di pulau terkait maksudnya jika beli motor di belitung maka bayar motor juga di belitung, begitu juga sebaliknya jika beli motor di bangka maka segala admin juga di bangka walau notabene plat BN.

Berbekal SK pengangkatan di Cabang Tanjungpandan-Belitung- maka Pebruari 2006 mommy beli motor di tanjungpandan. Ups…bukan mo menggadai SK loh tapi kalo belom yakin penempatan dimana ngapain beli motor walaupun motor itu sebenarnya adalah kebutuhan pokok di belitung. Lha wong juarang banget ada angkot, sejam sekali aza dah hebattt, semuanya pakai ojek. Nah kalo pake ojek kan sok jual mahal. Pilih motor keren en bersih plus tukang ojek kinclong😉

Pindah ke Ranting Manggar-kabupaten Belitung Timur tempat si Yuzsril- mommy tetap bawa motor kesayangan dan dengan motor itu pula mommy hobby ngebut manggar -tanjung pandan kalo weekend. *ya iyalah..siapa yang mau di manggar suepi, tanjung aza sepi gimana manggarrrrr….kaburrrrr*

Pindah ke Bangka, motor pun tetap mommy bawa menggunakan ekspedisi jet voil ekspress bahari *untuk semua barang mommy juga diangkut dengan express bahari, jauh lebih murah dan aman dibanding ekspedisi lain walaupun yang diantar langsung like Mr.Po*tman* Terkait dengan administrasi maka setiap tahun mommy musti kirim STNK, copy BPKB, copy KTP dan hepeng buat urus pajak motor. Sehubungan dengan masa bakti *ya elah* maka tahun ini penggantian plat harus dilakukan. Urusan ini sieh gampil, cukup bawa motor ke polresta terdekat minta tolong di cek fisik dan datanya kirim ke Tanjungpandan *jauh lebih simpel kalo uda pudan turun tangan, tapi mommy kerjain sendiri tuch* Yang jadi masalah, janji mommy 5 tahun habis masa depresiasi en dilelang alias jual, tapi SK pindah mommy belom nongol masa mo jual sie. Akhirnya sepakat karna motor posisinya di Bangka dan proses jual menjual juga akan dilakukan di Bangka maka diaturlah proses mutasi dari Tanjungpandan ke Pangkalpinang alias Bangka. Butuh waktu 1 bulan untuk proses ini dan proses lelang pun belum selesai.

Mutasi SIM

SIM C mommy pertama dibuat di banjarnegara, waktu di tanjungpandan masa berlakunya pun habis tapi dengan bodohnya mommy buat baru bukan perpanjang. Soalnya waktu itu masih perdebatan karna beda propinsi. Kenyataannya SIM A Pendeta bisa perpanjang di Tanjungpandan walo terbitnya dari Balikpapan *kesel dot com*

Jadilah SIM C & SIM A mommy terbitan Tanjungpandan. Selidik punya selidik ternyata kata uda pudan a.k.a BRIPTU, SIM mommy hanya bisa mutasi ke Pangkalpinang. masa sie…..???? Mommy kan maunya mutasi ke Batam. Berhubung uda pudan yang ambil alih mommy pun diem wae. Yang penting beressssssssss.

Mutasi Warga

Nah ini pembahasan KTP dan KK. Sejak menikah Ch Fam punya KK tersendiri terpisah dari Ompung Nuel. Awalnya sie nitip diurusin pak RT bayar 50rebeng tapi koq salah melulu..kesel..akhirnya dengan perut buncit-waktu itu lagi hamil-mommy urus sendiri KK dan kelar keesokan harinya karna Kepala dinas gak ada jadi gak bisa signing.

Waktu Favian lahir, yang urus akte dan KK daddy walo sempet kesel karna nama favian gak ditulis lengkap inisialnya *maaf daddy* terpaksa diurus ulang sama Ompung doli ni si Dora.

Dari pengalaman ngurus tetek bengek KTP KK bahkan akte nikah, kayaknya Capil Pangkalpinang paling lebayyyyyyyyyy *sekali lagi maaf, ini opini mommy di rumah Ch Fam jadi hak mommy ngomong dunk* Segalanya UANG tanpa aturan yang jelasss. Beda banget sama Purwokerto, Banjarnegara ataupun tanjungpandan Belitung yang notabene satu propinsi.

Kembali masalah urus mutasi warga ke Batam. Mommy langsung tembak ke kelurahan Opas Indah dimana mommy tinggal, seharusnya ke RT dulu minta surat pengantar tapi berhubung sudah almarhun dan tidak ada plt ya sutra tembak langsung. Kelurahan berbentuk rumah persis rumah kosong. Dengan jumlah pegawai 5 orang sesuai di papan ternyata hanya ada 1 pegawai wanita. Jendela terbuka semua, pintu terbuka lebar dan mommy musti teriak-teriak dulu mencari seseorang hingga menemukan si ibu itu. SEmpet cemas…wah nunggu lagi nie gak ada lurahnya, tapi Puji Tuhan ibu itu langsung urus administrasinya en menandatangani surat pengantarnya, gak tahu beliau ada hak apa gak. Btw, ruangan itu penuh dengan meja biro melebihi jumlah pegawai di papan dan semuanya tidak ada berkas dan berdebuu, nampak kali gak pada ngantor.

Selesai dari Kelurahan. mommy musti ke kecamatan. Kalau urus KTP, KK dan Akte sie biasanya mommy langsung tembak ke Capil tanpa melalui Kecamatan. Berbeda dengan kelurahan, kecamatan nampak ramaipenuh dengan pegawai. Dengan 8 pegawai bertitel S2 Keuangan Daerah *mommy kapan S2* sang Camat dan staffnya SD, SMP, SMA, STM, SMEA sepertinya koq jumlah pegawai yang bersliweran lebih dari 8.

Selesai dari Kecamatan mommy langsung ke Capil *jauh bow*. Dan seperti biasa berkas harus ditinggal karna kepala dinas tidak ada di tempat. Paling cepat nanti sore mba..ujar petugas. Baik pak. Tapi baru tadi pagi mommy ambil sekalian ke bandara cek cargo. Dengan santainya petugas bilang, mba adminnya belum ya, bayar 25ribu. dasar mommy juga sedeng langsung dijawab, mana aturannya pak, saya mau lihat. Gelagepan petugasnya, langsung bilang gini, mba perdanya 10rb, kepala dinas minta 5rb per mutasi dan 10rb admin lokal. GILA…!!! Tetap tidak berubah…!!! Bagi mommy 25rebeng tidaklah material, maaf bukan sombong loh, tapi caranya itu muales pisan.

Mutasi Jemaat

Nah kalo yang ini urusannya ke Gereja. Tetep gak lewat sintua atau majelis karna mommy gak ngerti rumah sintua yang baru. Mommy jumpai amang guru huria dan mengutarakan keinginan mommy untuk urus mutasi warga dari HKPB Pangkalpinang ke HKBP Lubuk Baja – Batam *HKBP again* Berhubung pendeta belum datang dan mommy males nunggu maka surat pengantarnya mommy ambil besok pagi.

Urusan mutasi beres.

Booking tiket sudah.

Final cek cargo juga sudah.

Besok Rabu Finishing Packing.

Lusa Kamis Kirim barang.

Esoknya Jumat Pamitan.

6 Komentar

  1. widy

    Salam,
    mo minta bantuan nie sama Mommy yang udah ke Capil Pangkal Pinang, oe da di jakarta dan perlu menghubungi capil pangkal pinang, dah dapet nomornya di 0717-421142 tapi tidak bisa dihubungi, ada nada sambung tapi tak ada yang angkat. bisa bantu kasih alamat dan no telpon atau kontak person yang bisa dihubungi tidak.
    makasih atas bantuannya.

    salam,

    • ntar dicari dulu ya, no cp nya hilang di hp q, adek q lagi ngurus capil koq….ntr di info in lagi ya

    • lagi dicari no pak afu, kemaren di hp q yang rusak

  2. Wah.., serba mutasi semua😀. Semoga sukses dan betah ditempat baru nya, ditunggu ceritanya🙂

  3. Iya, walopun ribet tapi semangatnya 45 aja kalah kan da??? hehehe…

    Selamat yaaa…ditunggu cerita2 soal liburan ke s’porenya.. lho???:mrgreen:

  4. Enno-Mama Fira

    Biarpun ribeeett…. tapi mesti tetep seneng kaannnn???? Welcome to Batam ya mbak. Tiap liburan mesti ke Singapur tu ntar…. :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: