“It really depends on d child”

Statement diatas yang selalu menguatkan hati mommy untuk mengatasi masalah yang bergelanyut di hati dan pikiran mommy.

Hati siapa yang tak gembira dan bangga jika anaknya bisa memanggil ma-ma pa-pa bahkan berkata I love you, mom. Mommy pernah review kalau Favian bisa berjalan umur 10m3w dan tepatnya lancar di umur 11m dan berbagai argumen pun sudah siap mendoktrin mommy kalau anak cowo suka lambat ngomong apalagi kalau cepet jalan dan tumbuh gigi. Favian baru tumbuh gigi umur 9m 3w dan mommy stress dengan diare yang melanda beriringan pertumbuhan gigi Favian. Tapi mommy tetap yakin bahwasannya tidak ada korelasi antara percepatan pertumbuhan gigi, jalan dan bicara. Semuanya berbeda!!

Tapi nyatanya, mommy mulai digoncang dengan mitos tak jelas antah brantah itu. Keluarga memang tak terlalu pusing dengan keterlambatan bicara Favian yang mungkin tidak disadari mereka. Mereka selalu berpatokan, biasaaaa anak cowo…sabar…terbukti dengan keberadaan Nuel dan Alden yang notabene juga lelet ngomong. Tapi mommy tetap tidak terima, pasti ini ada masalah.

Kalau masalah terapi atau latihan di rumah mungkin mommy rasa juga kurang dibanding kriteria yang sebenarnya sudah mommy buat tapi apa daya tak bisa mommy terapkan, susah mommy jelaskan kenapa teknik pengajaran yang mommy inginkan tidak terealisasi dengan baik. Banyak faktor extraordinary yang muncul.

Kalau gangguan pendengaran juga rasanya tidak mungkin. Favian memang tidak pernah tes *lupa namanya, tes waktu baby* tapi secara manual mommy sudah tes secara efektif sejak umur 2m hingga 6m dengan alat musik baik dari samping kanan kiri maupun belakang dengan kekuatan dan volume yang berbeda dan hasilnya Favian menoleh ke arah suara.

Kalau disuruh horas alias salam, Favian mengerti. Begitu bilang say your bye bye, daghhhhh. Kiss bye sayanggg, muachhhhh. Kiss, langsung cium pipi. Semua dilakukan dengan baik.

What’s wrong with our son?

Pernah mommy mengeluh dengan DSA di bangka kalu telinga Favian sepertinya kotor, tapi begitu di cek katanya gak apa apa. Pengen ke THT tapi koq gak yakin ya kalau pakai spesialis di bangka *peace* mommy pikir di Batam aza lah. Berkali-kali ke batam ternyata juga gak sempat ke rumkit awal bros. Tibalah saatnya week end panjang kemarin mommy sempatkan ke DSA di awalbros. Maksud hati pengen ke dr.Lukman tapi wuantriiiii en dah closed pendaftaran. Ke dokter erman koq gak sreg, so ke dokter dewi meta aza yang notabene juga wuantriiiii tapi masih open😉. Tujuan utamanya sebenarnya mau imunisasi combo kalu ngikutin rujukan 2008 tapi mo konsultasi varichella sesuai rujukan 2010.

Setelah nugggu luamaaaa tibalah giliran Favian no.35, cas cis cus ngobrol diputuskan imunisasi varichella sedangkan combo nanti pas 18m. Pfuich tahan nafas, secara yang dibayar di PLN Batam Cuma imunisasi wajib sedangkan yang dianjurkan gak bakal dibayar, tapi kalau merujuk daftar imunisasi 2010 kan gak ada wajib en dianjurkan lagi jadi semuanya syah2 aza donk. ;) Puji Tuhan Favian dah imunisasi IPD…aman cash budget hehehehehe. Eh dokter meta terus nganjurin MMR bulan depan. Antara iya dan tidak, pro dan kontra akhirnya keraguan mommy ditangkap dokter meta. Takut autis ya? Gak apa-apa koq, itu gak ngaruh ujar si dokter. Mommy akhirnya buka suara, dok…Favian belum babling. Favian can respon no word. Pengen rasanya mommy nangis bikin pengakuan begitu apalagi dokternya juga kayaknya sedih.

Favian dirujuk ke dokter THT, berhubung dah siang dokternnya dah pulang so kami balik lagi malem. Mommy pilih dokter aditya dengan harapan enak diajak ngobrol dan nyatanya memang begitu. Di tes dengan alat musik, Favian merespon. Di cek telinga ternyata ada kotoran besar kanan kiri. Sampai disini Favian masih diem gak nangis sama sekali Cuma ribet megangin karna Favian justru pengen lihat apa yang mau dilakuin si dokter. Habis itu tes telinga dulu, mommy lupa namanya tapi ternyata gak bisa dilakukan karana Favian habis batuk dan gendang telinganya merah betullll. So harus diobatin dulu sampai sembuh. Kalau dah sembuh di tes telinga kalau ok lanjut OAE.

Favian dah pasti spech delay ujar dr.aditya. tapi begitu pulang, Favian bilag dadagh dan muach. Dokternya bengong….ini bisa ngomong koq, semoga hanya faktor lingkungan saja.

Tuhan, bantu Ch Family. Spech delay or disorder???

Gak tahu musti ngomong apa lagi. Cuma bisa berdoa dan berharap pada Yesus. Anehnya habis dari dr.aditya Favian malah ngomong ma ma ma, da da da , tuhh, dah, ja..tuh. gak eu eu eu lagi.

7 Komentar

  1. Haha.. pulang dari dokter langsung pinter ngomong ya Favian🙂. Tapi Favian pinter, umur 10-11 bulan udah lancar jalannya. Dafi udah setahun minggu kemaren, tp belum bisa jalan Mom, berdiri aja masih jatuh2. tp gak usah khawatir mom, tiap anak kan lain2.

    Oh iya, suamiku juga baru aja ngasih kabar kemaren katanya ada kebijakan baru skr di PLN, imunisasi wajib aja yang diganti kantor hiks..hiks…😦

    • “Setiap Anak Berbeda, tapi ada titik normal rata-rata yang harus kita waspadai dan harus peka”

      bund….
      Dafi 1 thn belom b isa jalan gpp, ada warningnya nanti di umur 15 apa 16 gitu, d same with SPEACH n TALK yang lagi jadi masalahku.

      masalah kebijakan baru sie denger gosipnya aza, gak sempet ngerasain hehehehehehe
      tapi kalo gw masih di persero pasti ngotot abis tuh….
      koq ada imunisasi wajib dan dianjurkan…
      itru panduan jadullll 2008
      sekarang pake 2010 langsung tuh tabelnya gak ada batas tedeng aling2🙂

  2. Allisa Yustica Krones

    Bisa ngerti sih da gimana perasaan khawatir dan deg-deganmu… Tapi tenang aja ya da… Mungkin kotoran besar itu berpengaruh juga di kemampuan bicara Favian, makanya setelah kotorannya diangkat, Favian malah bisa langsung ngomong, hehehehe…. Jangan dulu pikirkan soal disorder lah da…terlalu jauh kalo eda pikirkan itu. God bless u, Favian!

  3. Enno-Mama Fira

    hahahahahaha…. abang favian ngerjain mommy yaaa….. bikin mommy deg-deg an ajah sayang…. ayooo yang semangat belajar ngomongnyaaa…..

Trackbacks

  1. Q & A ~ M & F « ..:: CanDa & TaWa kAMi ::..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: