THT or ENT

Akhirnya Favian berkunjung ke dokter THT atas anjuran dr. Dewi Metta sang DSA. Rujukan dari DSA mengatakan spech delay. Rada lemes dengernya tapi agak sedikit sok tegar karna mommy memang merasa ada masalah.

Kunjungan pertama  16 Juni 2011

Favian lagi agak batuk, pas di cek telinga ada kotoran besar dan merah jadi gak bisa tes epidiometri (kalo gak salah). Schedule kunjungan ke dua seminggu lagi, tapi ternyata setelah berkunjung ke dokter aditya, Sp.THT abang Favian malah makin batuk en melerrrr, udah seminggu gak sembuh juga jadi mommy pikir tunda dulu sampai sembuh hingga nyaris 2 minggu.

Note Favian umur 15m5d en Bbnya 11,6

Kunjungan ke dua 1 Juni 2011

Rada tertunda karna sang dokter sakit, diundur besok malemnya tapi pagi hari malah lihat ingus abang keluar…yiahhhhhh…gimana sie. Ngotot deh ke dokter…hasilnya kena omelan J kenapa gak datang sesuai schedule. Kasih obat lagi biar hilang flunya en kunjungan balik minggu depan.

Kunjungan ke tiga 8 Juni 2011

Favian lagi fit dan inilah pertama kali abang ke dokter bersama daddy & mommy, selama ini mommy Cuma ma babysitter wae habis daddy pulangnya malem mulu sie. Langsung tes audiometri (kayaknya deh…lupa) dan hasilnya katanya BAGUS jadi ck lanjutan mencari penyebab spech delay. Gak sempat nanya bagusnya berapa decible (db). Pokoknya besok pagi datang untuk tes lanjutan OAE, BERA, ASSR. Jadi malem ini Favian musti tidur larutttt dan bagun pagiiiii sekali dan jangan biarkan dia tidur tapi buat dia capek sampai datang ke rumah sakit jam 9 pagi nanti kita kasih obat tidur dulu biar bisa tidur nyenyak dan tes bisa berjalan dengan baik, kalau pada saat tes Favian terbangun maka tes harus dihentikan dan kita tes lagi satu minggu kemudian karna saya tidak mau kasih obat tidur dalam jangka waktu singkat sama anak-anak. Beugh panjang kali ucapan dokter aditya, tumben pula mommy hapiiillll.

Yang dipikiran mommy, Favian biasa tidur paling cepet jam 10, bangun paling lelet jam 5 jadi mau dibuat tidur en bangun jam berapa???? Kalo besok ke rumah sakit…hari kerja…masa ijin…masa cuti. Minta hari sabtu, dokternya gak praktek. Duch mumettt.

Akhirnya daddy bilang jangan ditunda-tunda mumpung kondisi abang fit, besok daddy mbolos aza, sekalian daddy mo rongten again gara-gara kemaren sempet jatuh di tempat kerja. Ok, masalah selesai sekarang berjuang biar laruttt en pagiiii.

Note Favian 15m20d beratnya 12kg

Besoknya hujannnn so musti telpon taxi dulu. Favian dianter daddy en BS. Di taxi katanya abang dah ngantuk-ngantuk tapiii nyampe di rumah sakit langsung ON lari sana sini jumpalitan tak jelas. Sudah dikasih obat tidur dari jam 9 tetep tak mau tidur dan baru berhasil tidur jam 10.30. mommy perkirakan 12.30 abang bakal bangun dan tes bakal kelar. Nyatanya jam 12 mommy datang ke rumah sakt si abang Favian dah maen lagi…nah lo…dan nyatanya emang pas tes bangun. Jadi habis makan dicoba buat nidurin Favian lagi baru bisa lanjut tes.

Tunggu punya tunggu sampai jam 14.00 abang belom tidur juga…gawat…akhirnya mommy tinggal ke kantor. Nyampe kantor daddy telpon, mom abang gak mau tidur juga jadi tes nya harus dilanjutkan minggu depan. Haiyaaaaaa…..dan nyatanya abang Favian baru tidur jam 19.00

Kunjungan ke empat 16 Juni 11

Sekarang giliran mommy yang nganter, pas ditimbang beratnya 12,5kg umur 16m5d

Dikasih obat tidur lagi tapi yang sekarang muntahh, hm….beberes di rumah sakit dech. Susternya emang dah bilang kalo efek obat tidurnya tuh mual makanya dicampur madu tapi kata BS minggu lalu Favian gak muntah. Favian baru kali ini dikasih madu, mommy emang gak mau kasih madu sampai nunggu umur 2y, tapi ya sutra la la la dikasih dikit dan Favian dah lewat 1y.

Favian baru tidur jam 10.30 dibiarkan agak terlepa dulu dan jam 11 tes dimulai. Pas lagi tes mommy ngobrol sama si suster katanya ASSR ini baru ada 6 di Indonesia dan rumah sakit awal bros batam yang ke-5 punya alat ini. 3 di Jakarta, 1 di Surabaya dan 1 lagi di Makasar. Hanya ada 3 suster di rumah sakit awal bros yang bisa mainan alat ASSR (mainan bow…). Favian dipasangin kabel antah brantah ke telinga kanan kiri danubun-ubun yang semua kabelnya dihubungkan ke laptop. Di laptop ada tabel left ear dan right ear plus bulatan merah hijau…gak ngerti maksudnya apa. Nanya susternya dech…kata suster bulatan hijau OK bulatan merah gak OK, itu mah sudah mommy kira….terus dijelasin lagi yang vertikal itu jenis suara sedangkan horizontal itu kekuatan suara. Tes dimulai dari kekuatan 20db dengan jenis suara 200fz hingga 4000fz. Kalau tes sebelumnya BERA hanya melihat sampai 2000fz saja sedangkan ASSR ini lebih spesifik lagi.

Banyak pertanyaan mommy sama suster en dokter aditya, kenapa ini merah kenapa ini hijau. Hasilnya abang dapet bulatan hijau di semua jenis kekuatan suara 2000fz, di jenis suara 200 500 dan 1000 abang juga dapet tapi gak full, yang anehnya di jenis suara 4000fz abang baru dapet di kekuatan 80db..amazing…apa maksudnya dok?

Dokter aditya menjelaskan kalo suara 200 berbisik, suara 500 kita ngobrol sedangkan suara 1000 suara berat bapak-bapak dan 4000 suara melengking tinggi wanita. Favian mengerti kalau diajak ngomong kecuali untuk 4000fz, Favian gak bisa mencerna pembicaraan orang pada suara tinggi melengking wanita ya kita anggap aza suara mesosopran. Deg…apa maksudnya ini. Awalnya susternya bilang hasil BERA Favian 20 sedangkan normalnya 0-25 berarti abang OK, Cuma dokternya ragu dan bingung jadi hasil tes dikirim ke RSCm tempat sang guru ASSR. Sekilas langsung di baca dokter vitri mengatakan BERA bukan 20 tapi 30 40 dan hasil harus diteliti ulang, 1 bulan lagi Favian harus ASSR lagi. Alamakkkkkkkkkkk!!!!

Dokter aditya kasih rekomendasi Favian untuk terapi wicara dan ke psikologi, waduhhhh apa pula ini. Indikasi awal Favian kena tuli ringan.

Rasanya mau pingsan nangis gak jelas…tapi mommy mencoba bertahan. Nasehat tak usah dengarkan dokter itu biasa anak laki-laki terlambat bicara tak bisa mommy terima karna mommy lihat proses dan hasil tesnya. Sekarang Ch family musti keluarin budget buat terapi wicara dan ke psikologi, ngandelin dari b’right kayaknya ogahhhhh banget tapi demi anak apapun harus kami perjuangkan. PR nyari terapi wicara dan psikolog yang OK, walo mommy gak ngeh juga nantinya Favian mau diapain.

Yesus…

Kau beri cobaan sesuai dengan kekuatan kami

Mampukan kami untuk menjalaninya bersamaMu

8 Komentar

  1. mbak aku bacanya juga ikutan sedih..mbak harus semangat..Favian masih 15 bulan kan mbak…semoga ada second opinion…anak laki laki rata rata ngomongnya kan emang rasa lambat dibanding perempuan….gitu juga aku amati….sabar yah mbak, yang baiknya semakin dini terdeteksi kan semakin bagus, jangan sampai kayak anak kawanku dah TK baru terdeteksi ternyata pendengarannya bermasalah..aku jadi pingin screening juga buat kinan nieh mbak ke awalbross…kesiapa yah mbak rekomendasinya???dokternya maksudku..apa ke dewi metta dulu tanya tanya..apa langsung THT gitu..???

    • kinan gak ada masalah kan???
      batas normal babling 15m
      setiap anak perkembangannya beda-beda tapi gw ngacu ke batas normal aza
      pas 15m favian belum keluar kata ma-ma pa-pa ba-ba bi-bu de el el
      makanya target utama sebenernya mo konsul ke DSA n bawa ke THT pas di batam aza

      dr dewi metta kmrn nganjurin MMR cuma berhubung gw rada parno dengan berita yang simpang siur makanya gw bilang pending dulu dok karna Favian blm babling
      so dirujuk ke dr THT n gw milih dr.Adithya yang ternyata pilihan gw gak salah..top markotop

      kalo OAE n BERA dimana-mana ada
      tapi ASSR belom tentu ada
      hampir semua pasien dirujuk ke awal bros
      RSAB yang ke 5 punya ASSR dan hanya ada 7 rumkit di Indonesia yg punya ASSR
      n perawat yang bisa mainin alat ASSR di RSAB aza cuma 3 hehehehehe🙂
      biayanya 1 juta-an all in ya dari OAE n BERA plus ASSR
      tapi pas tes ulang sampe ketemu bener gak ada masalah qt gak bayar lagi…amiennnn

      rencananya bayi yang lahir dapet paket screening OAE n BERA aza…gw sie mendukung

      kalo anak temen mama kinan baru ketahuan pas TK kalo menurut gw sie terlambat bangetttt
      padahal deteksi awal kan dah bisa jauh-jauh hari
      tapi kan gak boleh menghakimi
      dan gak ada kata terlambat donk untuk sebuah perbaikan apalagi untuk anak
      🙂

      ntr gw posting lagi jeng
      ngadat abis flash q…
      mo kena lempar juga nie…
      ada saran ISP laen???

  2. dhana

    semangat semangat! smoga vian cepet sembuh

    • agak bisa nyolong reply dr kantor….

      maturnuwun bu dhe

  3. never give up

  4. Semangat eda….lebih cepat terdeteksi semoga secepatnya disembuhkan
    Yesus pasti menyembuhan abang Favian,
    Tetap percaya, dan jangan menyerah

    • ya eda….

      btw harusnya dah pulang ke Indo kannnn

Trackbacks

  1. Speach Terapist « ..:: CanDa & TaWa kAMi ::..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: