Speach Terapist

Ini lanjutan cerita THT euy.

Sebenernya pulang dari RSAB mommy rasanya mo pingsan, nyampe rumah bengong, buka laptop dah mo ngeblog malah bingung mo nulis apa, mo cerita rasanya juga gak sanggup. Yang ada malah googling teknik en stimulasi perkembangan bicara dan semuanya membuat mewek dot com. Searching tempat terapi wicara not bicara *ternyata beda* pun rasanya gak sanggup.

PR dr.Adhitya

  1. Tes ASSR 1 bulan lagi
  2. Selama nunggu tes, Favian harus terapi dulu
  3. Jangan lupa ke Psikolog

PR 1 tes ASSR

SIAP…!!!!! Kalo ini gampang mo bayarin kantor en bayar sendiri juga gak masalah.

PR ke-2 Cari tempat terapi

Whatssss

Koq rasanya belum terima keadaan dan kenyataan

Di Rumah Sakit Awal Bros sebenarnya ada tempat tumbuh kembang tapi tetep lewat perjanjian dan hanya jam kerja, dengan berbagai pertimbangan maka mommy coret dech.

Kalo Googling disini ada 2 tempat terapi wicara di Batam yaitu di daerah Nagoya dan Anggrek Mas. Telpon sahabat ternyata ada info kalo di Suka jadi ada, bergeraklah pulang kantor momy kesana dan hasilnya NIHIL, informasi tak lengkap yang ada mommy dikejar satpam gara-gara ngiterin Suka Jadi. Hm….perasaaan mommy pernah liat brosur tempat terapi tapi dimanaaaa lupa…tapi karna sang dokter sudah kasih advice ke Yayasan Putra Kami maka mommy pun bergerak kesana.

Diskusi dengan bu Yuli rasanya bikin kaget dan pengen mewek dot com, Favian musti dilatih terapi perilaku, dia malas menyahut jika dipanggil dan tak konsentrasi dan jika dibiarkan akan bla bla bla gak mommy dengerin lagi yang ada cuma nahan nangis.

Diambil keputusan terapi mulai tanggal 23 Juni dan selama bulan Juni terapi dilakukan jam 17 sampai jam 18 atas permintaan mommy dan selanjutnya bulan Juli reschedule. Jangan ditanya bagaimana terapi8nya yang ada nuangissss. Mommy pilih jam itu dengan pertimbangan mommy harus temenin abang Favian buat terapi dan harus diskusi dengan terapisnya. Jam kerja sekolah putra kami sebenarnya hanya sampai jam 17 dan sudah pasti pas abang Favian terapi yang ada kosong en sepi jadi tak ada lagi ibu-ibu ngerumpi dot com.

Tapi hari Sabtu diganti jam 8 pagi mulailah mommy bertemu dengan para mamas dan semua berkomentar. Woi mom, bukankah anak kita juga sama-sama lagi terapi bahkan ada yang sekolah segala kenapa musti ngomongin anakku. Ada yang bercerita bagus tuch dibawa kesini, anakku dulu pas 2 tahun dibawa kesini karna gak ngomong sama sekali dan sekarang sudah bisa ngomong walo tetap terlambat dibanding teman-temannya di luar. Tapi pas lihat anak ibu itu….Tuhan tolong jangan sampai Favian seperti anak ini, belum terlambat kan Tuhan? rasasanya ingin waktu berputar kembali dan negosiasi dengan Tuhan pun ingin dilakukan. Ada lagi yang komentar, halah anak cowo mah biasa belum ngomong entar 2 tahun lewat baru ngomong bla bla bla. STOP!!! Itu juga komentar orang-orang kantor dan mommy cukup tutup telinga, dijawab malah salah mulu. Moms…..kalo bicara itu tergantung masing-masing anak tapi ini BABBLING tahukah kalian arti dan maksudnya. Dan puncaknya waktu di kantor ada yang komentar nyerocos gak berhenti dan mommy gak tahan diam, begitu mommy jawab Favian belum babbling eh dia bilang kan udah bisa panggil ma-ma kan gak apa-apa itu. STUPID…!!!! kalo udah ma-ma ya udah babbling sayangkuuuuuu.

Hari-hari cuma diisi nangisss dan nangisss. Menyalahkan juga bukan tindakan yang tepat. Sampai mommy beli buku Anakku Terlambat Bicara, membaca buku itu..agak mirip…tapi tetep bukan, apakah Favian gifted??

Dan seiringnya waktu mommy pun menemukan tempat terapi yang berbeda yaitu Denniscu Autism Centre di Duta Mas, lebih deket dari rumah tapi mommy gak ada rencana pindah tuch.

Oke kita cerita selama terapi.

Awalnya pendekatan dulu, Favian selalu nangis kalo ditinggal sama gurunya yang ada selama 3 hari ditemenin dan pintu tidak boleh tertutup. Untuk terapi 1 guru 1 anak ya. Tapi hari ke-4 Favian dipaksa ditinggal sama gurunya dan sudah mulai dipijit mulutnya hasilnya NUANGISSS.

Ada hal yang aneh, waktu mommy jalan-jalan ke taman *ups….ngutang cerita playground euy* tiba-tiba abang Favian bilang ja-tuh. Kaget dengernya. Apa bang…coba ulangi… Ja-tuh kata Favian, wow….gak ada mama papa baba bibi bubu malah langsung jatuh. Tapi setelah mommy teliti lagi ternyata kata ‘jatuh’ masih kata yang terucap saja belum mempunyai arti sesungguhnya. Ach gak-apa-apa ini saja sudah Puji Tuhan. Hari ke-4 Favian sudah bilang ma-mi, hello para mommy bagaimana rasanya ketika anak kita memanggil dengan tepat. Senenggggg banget. Jadi keinget cerita teman, panggilannya ayah-mama dan papi-mama, koq gak nyambung waktu mommy tanya begitu jawabannya kata mama lebih cepat diucapkan dan dimengerti. Dan Favian tidak pakai kata ma-ma tapi langsung ma-mi, amazing!! Hari ke-5 langsung pa-pi, wow….claps my hands tapi ternyata Favian masih sering meleset untuk penggunaan kata itu. Ketika ada mommy dipanggil pa-pi ketika ada daddy dipanggil ma-mi. Butuh waktu seminggu untuk melatihnya. Ups jadi semangat antar jemput terapi dech tiap hari. Catatan terapi Favian dirubah jadi jam 8 pagi – jam 9 pagi. So jam 7 pagi Favian ma BS Kak Vita dah diantar Daddy ke tempat terapi di anggrek mas, kepagian itu pasti tapi daddy juga gak boleh terlambat masuk kerja dan rute ke anggrek mas adalah rute macet di titik sekolah Harapan Utama dan simpang sei panas. Dan jadwal pulang jam 9 mommy musti ngacir jemput Favian en musti ngebuttt gak boleh lama-lama bow meninggalkan kantor. Yang ada mommy pun sering jemput Favian telat, gak enak baru duduk sebentar dah ngacirrr.

Oke lanjut kembali ke terapi

Disini Favian dilatih babbling, menggambar, mewarnai, menyanyi dan senam. Ya seperti playgroup juga hanya tambahan stimulus dan pemijatan itu yang berbeda. Di rumah pun makin gencar ngajarin tapi kadang buntu juga gimana sie ngajarinnya. Dah di buat ketawa dah dibuat aneh-aneh tetep cuek bebek. Mulai counting, alphabeth sampai warna benda dan hewan tetep cuekkk. Yang ada cuma main bola, basket, motor dan sepeda. Nyaris di ujung nyerah…pasti…sampai akhirnya Favian bilang

bil sambil menunjuk mobil

torrr sambil nunjuk motor

da untuk sepeda

dan ta untuk kereta

Favian beraksi dengan motornya

Oh iya Favian sebenarnya sudah bisa menunjuk loh, baik benda-benda di bukunya atau berlari keluar hanya untuk melihat pesawat, tapi tetep permasalahan inti gak ada suara.

PR Ke-3 ke Psikolog

belom, bingung….

entar ke psikolog ngapain en diapain untuk anak seusia Favian kan belum bisa diajak timbal balik. entar aza dechhh

Oke sekian dulu cerita terapinya nanti lanjut cerita tes berikutnya.

di bongkar ya mommy.....biar abang benerin dan hancurinnn😦

26 Komentar

  1. Kirana lim

    Hy mommy favian😊 tmpt terapi yg di putra kami itu alamat na di mana ya . Tq sblm na

    • Anggrek mas 1 depan sekolah Djuwita
      Kl tidak salah blok I

    • Maaf telat respon

      Di anggrek mas 1 blok i kl gk salah
      Depan Djuwita

  2. laisa

    mau tanya mommy, berapa no hp terapi wicara yang diduta mas ya

    • waduh maaf telat balasnya, kmrn henghong si wp berakhir musti reset password.

      hm……mgkn lebih baik ke awal bross ato ke putra kami saja dech

  3. bunda Azka

    Met pagi mommy favian…slm kenal yach…saya bunda azka…anak sy jg mengalami hal yg sama…azka lambat ngomong nya dan kadang gak nyambung…terapi dimana ya mommy bagus nya?anak ketigs sy fiqa jg blm bisa ngomong di usia ny yg 2y2m..saran ny y mom

  4. Mama Abid

    Mami favian,

    Mo curhat lagi nich,…saya sudah coba untuk hunting buku, seminar parenting dll buat stimuluzz, tapi anaknya masih lebih suka main sendiri, komunikasinya juga masih belum lancar dan belum sama dengan anak sebayanya, tapi suda bisa ngadu seperti kalo lagi jatuh dan bilangnya.. ma jatuh.. sakit.. dan dia punya kebiasaan baru mukul kepala sendiri, dan sensasi seperti itu dilakukan saat happy, kaget sama marah.. itu kelihatan kenceng.. sekali,, harusnya seumur itu udah ngerasaain itu sakit..
    dia juga sudah hafal beberapa lagu walau celad.dan sepotong2.. kalo ekspressi juga udah ada sedikit.. dia bisa berimajinasi main mobil2an dan bilang ayo.. cepat lari… atau awass tapi kayanya dia berusaha keras buat mengucapkan kata2 yg ingin keluar dari mulutnya, kebanyakan kata2 itu terbalik2, seperti Sepeda jadi basida, tapi lkalo di penggal pengejaannya bisa betul..
    setelah baca dan perhatiin anakqu.. dia sedikit kena echolalia.. atau membeo.. gubraxxx jadi pusing lagi.. kayaknya harus teraphi lagi.. tapi apa lagi nich? jenis ini termasuk autis juga katanya… kalo terjadi pada anak lebih dari 3 tahun..
    mohon info ya moms kalo ada yg kena.. kasus yg sama
    Thanks..

    • kenapa ini baru kebaca ya….ampun

      sekarang dah gimana?

  5. Weli

    Mommy favian, brarti favian terapinya cuma 1 bln aja ya ? Trus abis itu langsung dimasukkan PG ya.anak sya udah dimasukkan ke PG umurny 3.5 tp ngomongny masih satu2 mommy jadi agak susah jg komunikasi dgn guru dan temanny.favian skrg PG dmn mommy ? Rencana anak sya mau sya bawa kt4 terapi jg mommy.boleh nanya gak mommy brp kr2 biaya terapi favian slma 1.5 bln itu? Maaf ya sebelummya mommy favian dan terimakasih banyak atas jawabannya..

  6. Mama Abid

    jadi masukan nih buat saya, putra saya juga sudah 2th 7bln ngomong nya udah ..tapi masih belum selancar teman sebanya, trus cuek bgt kalo diajakin ngomong, kalo becanda sih mau.. gara2 mamanya sibuk kerja dan ketemunya cuma sore sama pagi aja kali ya..haruzz cek ke awal bros dulu atau bsa langsung ke teraphys ya mbak ?

    Thanks ya mami favian, postingannya sangat membantu

    • maaf telat bls…

      kurang stimulus dan hrs rajin

      F2 pun mirip F1…aq musti nglatih dr sekarang
      semangat yaaaa

  7. Bunda Nayaka

    Udah mau 3thn, udah bisa counting sih sama identifikasi ini angka berapa (tp bhs inggris), udah bisa menyebutkan benda tp masih perkata belum kalimat.
    kebanyakan ntn pocoyo jd pake bhs inggris. tp ya gitu blm lancar, dipanggil gak nyahut.

    tp blm bisa menyebutkan kegiatan, misalkan mau makan, cuma susu

    gak jadi yg diduta mas ya?
    setelah 1.5bln lgsg bisa bicara ya mommy?

    kmrn terapi wicara di awal bros tp krn rumah sakit lgsg sakit dan ruangannya kecil nyorot AC, gak kuat deh.

    stress udh mau masuk PG kan blm bisa bicara😦 hikshikshiks

    • Itu berarti kurang stimulus aza
      Coba ganti vcd bhs indonesia
      Favian dl jg vcd inggris jd ngomongnya gak jelas jg
      Coba ganti teletubbies indonesia karna itu kan cartoon yg suka diulang2 ngomongnya
      Batasi nonton tv dan jangan ikuti kemauannya sampai dia agak betul ngomong
      Jangan ikut2an celad juga bund
      Favian pas 2y2m masuk daycare lanjut 2y5m masuk PG, karna intensitas dg teman sebaya dan missnya makanya jaxi bisa ngomong
      Kalo betul2 lancar dan bisa ngadu sie umur 3y an…skrg jg masih blm terlalu oke sie tapi jauh Lumayannnnnnn lah

      • Bunda Nayaka

        udah dibeliin dvd yg baby brainy, kan ada bahasa indonesia, itu diulang2…
        makanya pengen diterapi biar bisa lancar..

        test assr tuh apa? kmrn kepsikolog di awal bros sih gak kenapa2 cm telat bicara aja

        • Gpp nontonnya dvd baby brainy aza
          Kalo unyuk anaknya eh siapa namanya? Menurut q gak perlu tes assr
          Tes assr itu tes kepekaan telinga sampai berapa db anak bisa mendengar, lebih detail dari oae n bera. Dulu Favian tes itu karna memang gak ngomong sama sekali apalgi babling cuma coing n diem plus nunjuk2 aza
          Kenapa gak masuk PG aza, temen2 Favian jg begitu setelah di PG baru mulai lancar biasa terpengaruh teman2

          • Bunda Nayaka

            iya ini udah masuk PG dr umur 1.5thn tp kmrn anakku Nayaka sakit, dia alergi jd gak masuk smp skrg.

            trm ksih untuk infonya mommy, doain biar cpt lancar bicara

            • Oh….gws nayaka
              PG dimana bund?

              Tetep semangat ya bund…..batasi nonton tv ya ajak terus ngomong pelan tapi jelas vokalnya

  8. Bunda Nayaka

    MOmmy Favian, anak saya juga telat bicara, jdnya favian terapi wicara dianggrek mas apa diduta mas?

    • Hallo bunda
      Favian kmrn terapi di Putra Kami Anggrek Mas 1
      cuma 1, 5 bulan aza sambil nunggu tes assr ke-2
      Anaknya umur brp bund? Dah tes assr?

  9. semangat yah mommy favian….lebih baik usaha maksimal diawal awal pertumbuhannya daripada terlambat…mommy favian harus tetap semangat mengajari favian dengan berbagai macam cara disamping teraphy, kegigihan orangtua apalagi mommy yang selalu dekat sama abang favian, pasti membuahkan hasil yang bagus…:)semoga abang favian segera lancar berbicara…biar mommynya kewalahan menjawab pertanyaan ini itu dan kenapa-nya abang favian..:)

  10. Wah, motonya Favian sama dengan punyanya bang Raja, tapi punyanya bang Raja warnanya merah😀

    Semoga semua usaha ini diberkati Tuhan ya da, semoga Favian bisa segera lancar berbicara seperti harapan mommy n daddynya yah.. amin🙂

  11. enno-mama fira

    Fira juga belum bisa ngomong lho mbak… paling mama, papa, mbah, njakkk (buat cicak), ta (untuk kacamata dan kereta), sama mpak (empat)… apa perlu ku terapi juga yah???? berarti harus hunting speech terapi di Lombok niey….

    • kalo masalah kosakata sie itu tergantung stimulus dan masing2 anak no…
      masalahnya gak babling ataupun couing tepok jidat gw stresss en jantungan

      hasilnya observasi sementari kategori cuek tp menyimpan semua dalam memorinya
      terbukti gak pake ma-ma pa-pa tapi langsung kata aneh2 dan bisa manggil kak, mamiii papiii
      🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: