Hello…Hello…Hello

Duch kemana aza si pemilik blog ini🙂 maaf pemirsahh *sok ada yg baca* kemarin sok janji lupa kalo awal bulan itu laporan *dah mulai amnesia* apalagi laporan tri wulan harus bikin bener2 laporan ditambah sesuatu hal yang biasanya konsolidasi di pusat hanya dilakukan per semester untuk kali ini tri wulan 3 juga dilakukan konsolidasi juga dengan harapan tujuan percepatan laporan tahunan 2013 tercapai. U know kapan itu???? bukan lagi 31 Maret tapi 28 Pebruari😦 antara sedih dan senang euy…

Sedih…..karena semua berdampak pada KPI dan target kinerja yang direvisi, bukan diperlambat tapi dipercepat. 28 Pebruari itu Laporan audited ya bow….so pasti awal Desember pasti muka-muka auditor sudah bertebaran lagi😦

Senang….ya agak senang lah…gak terlalu syibuk banget secara kemungkinan kalau Tuhan ijinkan per 10 Pebruari bakalan cuti melahirkan bow. So….bye-bye semua *kejam ya* Walau resikonya hampir sama dengan cuti melahirkan Favian, kali ini pasti gak ada waktu relaksasi en tenang dulu sebelum melahirkan. Harus semangat nyuri waktu latihan dari sekarang nih biar terbiasa dan gak terlalu gagal kali lah hehehehehe

Terus mau cerita apa?

Hm banyak ide tapi mental semua😆 OK kita mulai cerita kenapa janji mo nulis lagi kenyataannya mental. Selain laporan bulan Oktober kemarin Mommy juga cuma ngantor sampai tanggal 14 Oktober saja setelahnya cuti sampai tanggal 29 Oktober. Mantap kan….!! Yach..masih beruntung lah tanggal 15 gak disuruh masuk, semua ini terkait konsolidasi laporan di kantor pusat Jekardah tanggal 16 Oktober. Kalau acaranya tanggal 16 berarti harus berangkat tanggal 15, kalau biasanya penjilidan dan tetek bengeknya dilakukan sehari sebelumnya dan last flight ke Jekardah maka untuk kali ini jelas tidak mungkin sodara……lebaran bow….tukang jilid 99% urang awak pasti tutup lah. So…segala sesuatunya harus dikerjakan tanggal 14 dan setelah sholat ied teman-teman dah harus berangkat ke Jakarta dampaknya mereka pun gak menikmati sate😆

Jadi kemaren cuti tahunan? BUKAN…!!! Kemarin Cuti Besar tahap ke-4 keren kan pake tahapan hihihihi. Pas cuti kemaren bingung menjelaskan ke teman-teman yang PNS dan swasta. Semua syibuk nanya..apaan cuti besar? Pas dibilang cutinya 3 bulan dan belum selesai menjelaskan langsung dipotong….ooooo cuti melahirkan, emang dah mau lahiran? ampyun dech….

Mari kita jelaskan sedikit Cuti Besar.

Cuti Besar adalah salah satu hak cuti pegawai yang diberikan kepada pegawai yan bekerja selama 6 tahun terus menerus dan yang bersangkutan mendapatkan hakcuti selama 3 bulan. Untuk pelaksanaannya tentunya tergantung dari masing-masing kebijaksanaan manajemen. Selama mommy kerja sie baru mengalami 2 kali perubahan peraturan cuti besar. Kalau dulu cuti besar boleh diambil walau cuma sehari sampai habis 90 hari. Kalau sekarang….kalau diambil hanya 10 hari kalender ya terhitungnya 15 hari tapi kalau diambil 20 hari langsung dianggap 30 hari. Jadi cutt offnya ya di 15 hari itu😉

Ups…sebelum melenceng. Aturan cuti besar ada tertuang di aturan hubungan industrial ketenagakerjaan loh, tapi maaf ini aturannya dicari koq gak ketemu. Jadi….mari kita googling seadanya saja.

Kalau dari PP No.24 tahun 1976 tentang cuti PNS adalah sebagai berikut:

Bagian Ketiga
Cuti Besar
Pasal 9
(1)
Pegawai Negeri Sipil yang telah bekerja sekurang-kurangya 6 (enam) tahun secara terus menerus berhak atas cuti besar yang lamanya 3 (tiga) bulan;
(2)
Pegawai Negeri Sipil yang menjalani cuti besar tidak berhak lagi atas cuti tahunannya dalam
tahun yang bersangkutan;
(3)
Untuk mendapatkan cuti besar, Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan mengajukan permintaan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti;
(4)
Cuti besar diberikan secara tertulis oleh pejabat yang berwenang memberikan cuti.
Pasal 10
Cuti besar dapat digunakan oleh Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan untuk memenuhi kewajiban agama.
Pasal 11
Cuti besar dapat ditangguhkan pelaksanaannya oleh pejabat yang berwenang untuk paling lama 2 (dua) tahun, apabila kepentingan dinas mendesak.
Pasal 12
Selama menjalankan cuti besar, Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan menerima penghasilan penuh
Nah…..yang kemaren bilang di PNS gak ada cuti besar siapa…..? Kalau karyawan swasta bagimana? Dari yang mommy pelajari sie seharusnya sama karna yang kemarin mommy pelajari adalah aturan ketenagakerjaan Indonesia, gak tahu lah ya kalo PMA menganut aturan mana, mungkin setengah Indonesia setengah negara aslinya😀 Kenyataannya? Gak tahu juga….secara Papi belum pernah tuch kerja 6 tahun terus menerus di perusahaan yang sama😆 nasibbbbbb pindah-pindah mulu
Yang membedakan peraturan cuti besar di kantor mommy dengan aturan tenaga kerja selain tata cara pengambilan dan jumlah cuti adalah jangka waktunya. Kalau di aturan tenaga kerja, setelah 6 tahun bekerja terus menerus maka di tahun ke-7 ybs dapat cuti besar 3 bulan di tahun itu. Tapi kalau di kantor mommy dikasih jangka waktu 2 tahun untuk pelaksaannya. So….berhubung sok cerdik mommy bagi jadi 6 tahap donk masing-masing tahap 15 hari😉
Tahap pertama, sudah mommy laksanakan tahun lalu bulan April pas Ompung boru harus dikuret dan kami harus rapat untuk keputusan operasi. Walau kenyataannya Ompung boru memilih jalur alternatif suntik😦
Tahap kedua, sudah mommy laksanakan tahun lalu juga bulan Oktober pasca kegagalan terapi suntik dan harus di operasi secepatnya. Karena kondisi dan sesuatu hal rencana operasi di Malaka pun dibatalkan dengan tetap melaksanakannya di Purwokerto.
Tahap ketiga, sudah dilaksanakan juga akhir Desember hingga awal Januari 2013. Tidak boleh diganggu gugat. Natalan bow..!!
Lalu tahap ke-4, ke-5 dan ke-6 bagaimana?
Angan-angannya sie pas Favian libur sekolah bakal ambil cuti besar sekalian ajak liburan, angan-angan berikunta sie jaga-jaga kalau uncle marthin nikah ya kita ambil cuti besar, angan-angan berikutnya ya ditabung sampai akhir tahun jaga-jaga kalau ada yang sakit dan kita harus terbang *nasib jaug dari keluarga*
Kenyataannya?
Tahun baru 2013 tetap mundur sama seperti tahun 2012 bahkan mungkin bisa dikatakan tidak ada tahun baru sama sekali.  Awal tahun yang menguras tenaga dan pikiran. Setelah auditor selesai awal maret dan laporan finish akhir maret, kami masih tetap disibukkan dengan persiapan data migrasi SAP😥 lanjut bulan April yang nota bene hukumnya wajib buat laporan tri wulan 1 pun tak membuat mommy en rekan bernapas lega karna masih diselingi dengan pelatihan dan perdebatan dengan tim ERP atau disebut tim BEE.
Selesai Go Live deploy 1 bulan Mei, disaat masih meraba-raba dan buta ternyata langsung dihadapi dengan kenyataan berikutnya laporan semester. Ini musibah terbesar kalau menurut mommy tambah lagi muka-muka auditor nongol lagi😥 Disaat itu pula jadwal liburan Favian dan keputusan penutupan day care talenta. Bener-bener mau nangis eh nangis beneran dech selama Juni dan Juli. Belum lagi tragedi intrik perpecahan daycare agak menyeret para orang tua.
Maaf…bukan bermaksud mendua atau pun membela salah satu miss di daycare tetapi lokasi dan kenyamanan serta fleksibilitas penjemputan juga menjadi pertimbangan Ch Family untuk menentukan daycare.
Permasalahan daycare selesai, Laporan pun selesai apakah bisa cuti? TIDAK…!! persiapan Go Live deploy 2 dan kenyataan hasil migrasi dan go live yang makin kacau karna sudah melibatkan user membuat mommy en rekan gigit jari. Akhirnya diputuskan boleh ambil cuti setelah laporan tri wulan 3😀
So….Oktober tahap ke-4. Nopember tahap ke-5. dan Desember tahap ke-5. Januari syibuk laporan en auditor dan Pebruari Maret April cutiiiii masuk awal Mei habis ultah aza hehehehe.
Jadi selama cuti ngapain? Ach postingan berikutnya saja😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: